Rabu, 13 Juni 2012

Mempercantik Tampilan Blog dengan Widget Unik

Assalamu’alaikum?

saya akan mengajarkan cara mempercantik blog UNS kita dengan widget yang bagus, tapi sebelumnya ada yang sudah tahu apa itu Widget? Oke deh! PakPug jelasin ;)
Widget adalah kode portabel (biasanya DHTML, JavaScript atau Adobe Flash) yang dipasang (diinstall, atau sederhananya, copy paste) pada suatu halaman web, yang memiliki suatu fungsi tertentu dan menjadi suatu bagian dalam halaman web tersebut (WikiPedia).

Selain mempercantik blog atau memperganteng blog, widget juga mempunyai banyak kegunaan seperti menghitung jumlah pengunjung, menghitung pengunjung yang sedang online, menampilkan jam yang lucu dan unyu-unyu serta masih banyak lagi yang lainnya.
Tanpa basa-basi atau roti basi lagi langsung aja deh PakPug kasih tahu cara pasang widgetnya, tapi sebelum memasang widget kita harus mengaktifkan plugin pemasang kode html, caranya? cekidot! deh:
  1. Pertama klik menu Plugins dan klik Installed Plugins
  2. Aktifkan dulu HTML Javascript Adder yang ada di pilihan pugins
  3. Selesai deh! Plugin sudah dipasang

Sekarang tinggal memasang widget yang lucu, keren dan anda pasti suka. Silahkan pilih situs penyedia widget di bawah ini, dipilih-dipilih obral satu dapat dua, wkwk :D

Setelah puas memilih widget dari situs diatas, langkah selanjutnya adalah menyalin kode HTML di situs tersebut kemudian pada menu Appearance klik Widgets, drag HTML Javacript Adder ke Sidebar dan tempel kode widget yang sudah disalin. Isi judulnya, klik Save dan  Close. Gampang kan?
Contoh widget jam islami bisa dilihat di kanan sidebar saya, jika masih bingung silahkan berkomentar. Selamat mencoba!
Wassalamu’alaikum? :) 
 

0 komentar:

Posting Komentar